SEJARAH PERGURUAN PENCAK SILAT ASMA'
DAFTAR ISI :
1.
|
Daftar Isi
...........................................................................................
|
halaman 1
|
2.
|
Pembukaan
......................................................................................
|
halaman 2
|
3.
|
Kata Pengantar
.................................................................................
|
halaman 3
|
4.
|
Sambutan Ahli Waris
........................................................................
|
halaman 4
|
5.
|
Biografi Pendiri
.................................................................................
|
halaman 5
|
6.
|
Sejarah Penemuan Silat
Asma’.........................................................
|
halaman 10
|
7.
|
Pengembangan Silat Asma’..............................................................
|
halaman 15
|
8.
|
Perguruan ASMA’ Melebarkan
Sayapnya.........................................
|
halaman 21
|
9.
|
Penutup...............................................................................................
|
halaman 29
|
PEMBUKAAN
Perguruan Silat ini dinamai “
PERGURUAN SILAT ASMA’ “, karena teknik gerak jurusnya menggunakan Jurus Aliran
Silat ASMA yang dihimpun oleh seorang Guru Silat bernama Kyai Achmad Arief yang
berdomisili di Kota Purwokerto – Jawa Tengah. Penemuan gerak – gerak jurus
aliran ASMA’ beliau perkenalkan pertama pada tahun 1962 kepada murid – murid
beliau setelah mendapat restu dari guru – guru beliau.
Meskipun pada tahun tersebut telah
mulai diberikan pada murid – murid beliau namun karena perkembangannya yang
meluas, agar tertata dengan baik baru pada tahun 1977 pengembangannya dibentuk
suatu wadah (organisasi) dengan nama Keluarga Besar Pencak Silat ASMA’
PURWOKERTO.
Selaras perkembangan yang semakin
pesat organisasi ini melengkapi diri dengan nama KELUARGA BESAR PERGURUAN
PENCAK SILAT ASMA’ yang langsung dibawah asuhan beliau sendiri hingga saat ini.
Demi meringankan tugas – tugas
beliau, disusunlah kepengurusannya yang berfungsi membantu beliau menyebarkan
Perguruan Silat ASMA’.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala sesuatu yang ada dialam ini
pasti melalui peristiwa untuk terbentuknya menjadi suatu perwujudan.
Demikianlah ketetapan sunnatulloh, agar ia adanya menjadi hikmah bagi orang –
orang yang mau berfikir.
Perkembangan Perguruan Silat ASMA’
yang penyusun tuangkan dalam buku kecil ini
adalah merupakan sebagian perjalanan keberadaannya sesuai dengan
kenyataan yang ada, sejauh yang diketahui dan dialami penyusun sendiri. Tujuan
buku ini diterbitkan agar dapat menjadi hikmah yang berguna untuk siswa – siswa
perguruan dan masyarakat lain pada umumnya.
Juga kita semua berharap semoga
beberadaan Perguruan Silat ASMA’ ini dapat berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Penyusun
Ndeng
Rana S.
|
SAMBUTAN
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sebagai ahli waris, selaku putra
pendiri Perguruan Silat ASMA’ saya sangat berterima kasih atas tersusunya buku
ini. Memang sangat perlu buku ini diterbitkan agar kita sebagai generasi
penerus dapat mengambil suri tauladan dari yang berguna dari beradaan Perguruan
Silat ASMA’ yang telah dirintis oleh Ayah saya bersama siswa – siswa seniornya.
Keberadaan Perguruan Silat ASMA’
hingga sampai saat ini tentu tidak terlepas dari perjuangan beliau – beliau
pendahulu yang benar – benar menyadari akan manfaat adanya perguruan ini baik
secara pribadi masing – masing ataupun
bagi masyarakat luas.
Semoga kita sebagai generasi
penerus dapat tetap menjaga Perguruan Silat ASMA’ ini sehingga bermanfaat bagi
Nusa, Bangsa dan Agama.
Amien.
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Ahli
Waris
Ir.
Rochadi Prayitno
|
A.
BIOGRAFI PENDIRI
Beliau dilahirkan dikalangan keluarga yang taat dalam
melaksanakan agama islam, di Desa Kauman Lama (sekarang Jl. Jend. Soeprapto
III/21) – Purwokerto tanggal 8 Agustus 1929.
Keluarga beliau termasuk keluarga besar,
semuanya delapan orang saudara – saudaranya dan beliau adalah putra yang
keempat.
Ayah beliau bernama Kyai Hasan Umar berasal dari
Desa Sokaraja, Banyumas, kakek beliau adalah seorang pemuka agama di desanya
pada waktu itu, bernama Kyai Murma Bessari.
Pada waktu lahir beliau diberi nama Achmad Syamsudin oleh
ayahandanya. Ketika besar, oleh seorang emuka agama di Banyumas, yang juga
adalah guru beliau yaitu Kyai Achmad Bunyamin, beliau diberi nama : Achmad
Chambari.
Pendidikan agama yang diberikan oleh ayahandanya boleh
dibilang sangatlah disiplin, sejak kecil beliau dan saudara-saudaranya diajar
mengaji oleh ayah beliau sendiri. Ketika menginjak usia lebih kurang sembilan
tahun, untuk menambah mengajinya, beliau disekolahkan dimadrasah. Beliau masih
ingat akan guru – guru (ustadz) yang pernah membimbingnya pada waktu itu,
antara lain : Kyai Abu Wardi, Kyai Haji Muslim, Kyai Mawardi, Kyai
Abudarrin.
Akan tetapi, walaupun telah mendapatkan pendidikan di
madrasah, ayahanda beliau tidak melepaskan pengawasan dan bimbinganya terhadap
beliau dan saudara – saudaranya.
Seperti
yang beliau lukiskan sendiri bahwa kadang – kadang sering terjadi karena
kenakalan beliau sendiri (lupa mengaji), ayah beliau tidak segan – segan
“menghadiahkan” upet keatas punggung
beliau atau punggung saudara – saudaranya. Akan tetapi apabila hal ini terjadi
(“hadiah upet di punggung), beliau menerimanya dengan konsekwen (tanggung
jawab) yang tinggi; beginilah kalau tidak manut pada orang tua, pikir beliau.
Lain halnya dengan adik laki – laki beliau yang bernama
Mahmud, yang waktu itu memang masih kecil, kalau melihat ayahandanya sudah
menggenggam upet dan sudah siap “menghadiahkannya” padanya, iapun sudah tau
dahulu siap dengan tangis dan guling – guling ditanah, sampai upet yang
dipegang oleh ayahandanya diletakan kembali barulah selesai tangisnya.
Hal ini sangat menolong beliau (tangis adiknya Mahmud
ini), karena “hadiah upet” yang sedianya mampir dipunggung beliau tidak jadi.
Maka tak heranlah, beliau ini sangatlah sayang pada adiknya yang satu ini,
karena dialah yang “menyelamatkan hadiah upet” dari ayahandanya untuk beliau.
Namun “penyelamatan” adiknya Mahmud ini telah
dimanfaatkan oleh beliau, untuk perisai apabila beliau malas mengaji.
“Mud, nanti kalau ayah pegang upet, kamu nangis yang
keras ya”, demikian kata beliau sudah tahu bahwabeliau akan mendapat hadiah
upet dari ayahandanya karena tidak mengaji, begitulah adiknya terus menerus
dijadikan alat penyelamat kemalasannya mengaji.
“Cerdik juga anakku yang satu ini”, pikir ayahanda beliau
ketika mengetahui akan taktik beliau menyelamatkan diri dari hadiah upetnya.
Sejak ayahanda beliau mengetahui taktik beliau ini, maka
setiap kali beliau mengaji, beliau dipanggil satu persatu, dan beliau tidak
dapat lagi menghindarkan lagi dari hadiah upet yang memang harus beliau terima
kalau tidak mau atau malas mengaji.
Dan sejak itu pulalah beliau harus tekun mengaji.
Pernah terjadi suatu ketika beliau harus berndam dikulah
(bak) yang penuh air, dan disuruh menyelam sambil membaca surat Al – Fatihah
oleh ayahanda beliau entah sebagai hukum atau ujian bagi beliau dari
ayahandanya, itu beliau lakukan juga dan beliau berhasil.
Kecerdikan dan kecerdasan beliau ini tidak hanya beliau
tempatkan dalam lingkungan rumah beliau saja, didalam kalangan teman – temannya
bermainpun beliau ini dikenal sebagai anak yang cerdas dan cepat berpikir.
Sikap cepat tanggap beliau miliki terhadap lingkungan desanya yang telah beliau
ketahui banyak para orang tua yang pandai silat, membawa keinginannya untuk
mempelajarinya pula.
Lebih – lebih setelah beliau ketahui dari orang-orang tua
di desanya yang banyak menyayangi beliau, bahwa ayahandanya serta kakak beliau
termasuk orang yang pandai silat di kota itu beliau langsung menghadap
ayahandanya untuk meminta pelajaran silat dari ayahandanya.
Karena desakan beliau terus menerus serta kesungguhan
hati beliau, oleh ayahandanya beliau dititipkan pada seorang guru silat di
Sokaraja yang bernama Kyai Maksudi.
Itulah pertama kalinya beliau mengecap pendidikan silat,
yang mana binaan raganya oleh Kyai Maksudi beliau diserahkan pada muridnya yang
bernama Asmuni Muchtarom, teman beliau sedesa (lebih tua 5 tahun dari usia
beliau).
Ayah beliau yang juga merupakan tokoh pesilat yang cukup
disegani di desa itu pada waktu itu, cukup jeli dan gembira bakat yang ada
dalam diri putranya itu, sehingga akhirnya ayahandanya turun tangan pula
memberikan petunjuk-petunjuk yang perlu pada beliau dalam mempelajari ilmu
silat. Ayahandanya beliau adalah seorang santri lepasan pondok Buntet-Cirebon
yang pada masa itu juga sangat terkenal tempaan ilmu-ilmu silatnya, hingga tak
mengherankan kalau ilmu-ilmu silat yang diberikan oleh ayahandanya itu
merupakan ilmu silat yang sebenarnya bisa diandalkan.
Kemajuan yang dimiliki oleh beliau dari bimbingan guru
dan ayahandanya ini sempat membuat temanya, Asmuni Muchtarom merasa
terheran-heran, karena dirasakan oleh teman beliau, perkembangan silat beliau
sangat pesat dan sedikit berbeda dengan dengannya.
Namun bagi guru beliau Kyai Masudi, hal ini sudah dapat
diduga sebelumnya karena tentu ayahandanya beliau turut membimbing beliau,
turut memberikan pelajaran silatnya pada beliau.
Demikianlah beliau yang pada waktu itu berumur lebih
kurang 12 tahun mulai menginjak “halaman persilatan” yang telah dibuka oleh
ayahandanya sendiri. Kesempatan itu telah membuat “darah keturunan silat” yang
mengalir dalam tubuhnya telah melahirkan bakat beliau yang tergambar di
perawakan serta gerakan beliau dalam saat-saat latihan.
Begitu menonjol bakat yang dimiliki oleh beliau, rupanya
telah memikat hati seorang pendekar silat dari kota Cirebon, Kyai Haji Mawardi,
teman dekat ayahanda beliau ketika di Pesantren Buntet, sehingga pada suatu
kesempatan kunjungannya ketempat beliau, beliau telah diminta untuk bisa dibawa
ke Cirebon, ke tempat dimana Kyai Haji Mawardi tinggal yaitu di astanajapura,
Cirebon untuk digembleng silat.
Namun betapapun permintaan teman akrab ayah beliau ini
sedemikian antusiasnya, sebagai orang tua tentu merasa keberatan, karena
disamping ayahandanya sangat sayang pada beliau, ayahandanyapun masih sanggup
membinanya sendiri. Kejadian ini rupanya sangat berkesan dalam hati beliau,
hingga beliau bertambah giat dan tekun menuntut ilmu silat pada ayahandanya.
Hari demi hari beliau tekuni semua pelajaran-pelajaran
yang beliau dapatkan dari ayahnya sendiri dan gurunya Kyai Maksudi di Sokaraja.
Setelah
lebih kurang 3 tahun beliau mengecappendidikan silat dari ayahnya, ayahandanya
meninggalkan beliau kembali ke rahmatullah pada tahun 1946.
Rasa sedih dan duka serta putus asa menjalari hati beliau
karena ditinggalkan oleh ayahandanya tercinta, yang disamping sebagai ayah
tempatnya berteduh, tempatnya bermanja, juga adalah gurunya yang sangat
didambakannya untuk menuntut ilmu. Rasa sedih dan putus asa beliau meluluhkan
hati dan perasaan kakek beliau Kyai Murma Besari, sehingga selang berapa waktu
kakek beliau bersedia menggantikan ayah beliau untuk memberi dan
pelajaran-pelajaran ilmu silat. Kakek beliau termasuk salah seorang yang sangat
disegani di desanya pada waktu itu, bukan hanya karena kakek beliau sebagai
seorang ahli silat saja akan tetapi kakek beliau juga adalah seorang pemuka
agama islam yang sangat gigih menegakan agama islam di desanya pada waktu itu.
Bukti dan kegigihan kakek beliau dalam menegakan agama
islam telah dapat dirasakan oleh masyarakat Purwokerto Lor hingga saat
ini,yaitu berdirinya masjid Kauman Lama yang telah dirintisoleh beliau dan
rekan-rekanya, yang telah diresmikan pada tahun 1921. Sejak tahun 1980 masjid
tersebut telah dimulai pemugarannya, serta diperluas oleh masyarakat setempat
sendiri yang diatur dan diawasi oleh suatu Panitia pembangunan Masjid tersebut
yang kemudian diberi nama “AL ISTIQOMAH”.
Belum lagi satu tahun beliau mengikuti pelajaran silat
dari kakeknya, suasana kedamaian Purwokerto telah dirusak oleh penjajah yang
hendak menginjak-injak bumi Indonesia yang baru memproklamirkan kemerdekaannya.
Keadaan demikian telah menyebabkan terhentinya kegiatan beliau dalam menuntut
mempelajari ilmu silat dari kakeknya.
Sebagai
bangsa Indonesia yag tidak rela tanah kelahirannya diinjak-injak lagi oleh
bangsa lain, beliau yang masih muda dengan berbekal ilmu yang masih dangkal
itu, bangkit berjuang mengusir penjajah.
Beliau masih ingat akan teman-teman beliau lainya yang
ikut bersama-sama berjuang melawan penjajah waktu itu. Dalam, Kadir, Daalim,
Dawam adalah teman-teman beliau yang terdekat, yang bersama mereka beliau
mengadakan kerusuhan-kerusuhan yang cukup memusingkan penjajah.
Mengadakan pengacauan-pengacauan, penerangan-penyerangan
gelap, membakar tangsi-tangsi musuh, itu semua beliau lakukan bersama
teman-temannya tanpa mengenal rasa takut, tanpa memikirkan mati atau hidup,
demi bangsa dan tanah air semua beliau lakukan.
Tidak sedikit bangsa Indonesia yang gugur kala itu,
termasuk juga diantaranya teman-teman dekat beliau, mereka semua berjuang tanpa
pamrih, tanpa mengaharapkan apa-apa, hanya demi tanah air dicintai tanah
kelahiranya.
Akhirnya berkat rahmat Allah SWT dengan perjuangan bangsa
Indonesia, penjajah harus mengakui kekalahannya, mereka harus angkat kaki dari
bumi tercinta. Purwokerto kembali tenang, penjajah telah angkat kaki, lari
dengan kekalahannya. Gembira bercampur sedih mengingat banyaknya
pahlawan-pahlawan yang gugur, teman-teman beliau, menyelimuti benak beliau.
Kembali beliau menekuni ilmu silat yang sangat
digandrungi bersama dengan kakeknya. Akan tetapi sepeninggal ayah beliau,
beliau tidak dapat lagi mengisi kehidupannya dengan mempelajari ilmu silat
saja, karena pada saat itu beliau harus banyak bekerja membantu kakeknya
mengembangkan usaha peninggalan ayahandanya, beliau yang masih muda, karena
merupakan anak laki-laki yang terbesar dari saudara-saudaranya, beliau harus
memikul beban hidup keluarganya.
Beliau harus mengembangkan usaha peninggalan ayahandanya
bersama saudara-saudaranya dan kakeknya dalam usaha perbatikan. Keluarga yang
besar, yang berjumlah 8 (delapan) orang bersaudara itu harus menjadi tanggung
jawabnya karena kaetiga tiga kakaknya adalah wanita.
Kakaknya yang tertua bernama Partini, kakak beliau (putra
kedua) adalah Syamsirah dan kakaknya seorang lagi bernama Satijah, maka
pantaslah kalau beliau harus menggantikan kedudukan sebagai ayah dari
saudara-saudaranya.
Setelah beliau, adiknya adalah laki-laki, waktu terlahir
bernama Muhyidin (setelah dewasa bernama
M. Arif Waspadi, meninggal tanggal 16
Nopember 1978) kemudian adik tersayangnya, Mahmud dan adik perempuannya
Kusniyah dan Umi Chasanah, semuanya masih kanak-kanak.
Demikianlah keadaan belia saat itu, semua tanggung jawab
keluarganya beliau pikul dengan hati yang lapang dan penuh kesadaran. Akan
tetapi hal itu tidak membuat beliau undur dari lapangan ilmu silat, beliau
tetap saja meneruskan latihan-latihannya sesuai dengan petunjuk kakeknya.
Kadang-kadang pula diwaktu senggang beliau masih sempat berkumpul bersama-sama
teman sebaya beliau, bersenda gurau bersama, bergaya sebagaimana layaknya
pemuda kala itu.
Pada waktu sore ketiika beliau berkeliling kota (nglencer-lah
isstilah sekarang), beliau merasa tertarik kepada seorang wanita berkulit
putih, berambut panjang dikepang indah berpita merah pada ujungnya.
Sejak saat itu (keterangan beliau sendiri), beliau
berusaha untuk dapat menemui gadis yang telah menarik hatinya. Akhirnya dengan
perjuangan yang gigih beliau dapat mengenalnya dan mempersunting gadis
idamannya yang bernama Amini.
Betapapun beliau telah beristri, namun beliau tetap tinggal bersama
keluarganya (saudara-saudaranya), karena tempat kediaman beliau boleh dibilang
sangat besar, seperti komplek saja layaknya.
Beliau memang tidak salah memilih gadis untuk
menemani kehidupan beliau, karena istri beliau sendiri selalu mendorongnya
untuk terus menekuni ilmu silatnya.
Kadangkala dalam waktu-waktu latihan beliau
selalu ditemani oleh istrinya yang sangat dicintainya, bahkan kadang-kadang
istrinya ikut pula memberi petunjuk-petunjuk, seperti lebih pintar saja
lagaknya, dan kalau sudah demikian mereka mengiringi dengan tawa ria bersama.
Begitulah hari-hari beliiau lalui bersama
istrinya yang setia, berusaha untuk kehidupan keluarga, menggali ilmu silat,
ilmu yang sangat digandrunginya, dan berkkumpul bersama teman sebayanya.
SEJARAH
PENEMUAN SILAT ASMA’
Sejak sepeninggal ayah beliau, beban tugas
kehidupan keluarga seluruhnya bertuumpu dipundak beliau. Dengan kesungguhan
hati berusaha ikut membantu mengembangkan usaha perbatikan milik kakek beliau.
Namun
kehidupan silatnya tak pernah beliau tinggalkan begitu saja, walaupun beliau
telah hidup bersama istrinya. Tanpa rasa
malu atau canggung beliau sering latihan-latihan, memperdalam ilmu-ilmu
silatnya didampingi kakek beliau sendiri, bahkan istri ang setia memberikan
dorongan untuk lebih maju mempelajari serta memperdalam pengetahuan silat
belia.
Hanya lebih kurang dari dua setengah tahun
beliau mengecap pelajaran ilmu-ilmu
silat dari kakeknya, Kyai Murna Besari kakek beliau yang pernah menggantikan
ayahandanya dalam menuntut ilmu silat, meninggalkan beliau beserta keluarga,
kakek beliau yang sangat membimbingnya, kembali ke pangkuan Illahi, pada tahun
1950 di Purwokerto.
Telah berpulang kepangkuan Illahi pada tahun
itu seorang tokoh masyarakat di desa beliau tinggal, kakeknya yang sangat
dikaguminya. Beliau mengagumi kakeknya bukan hanya karena kakeknya adalah salah
seorang pemuka masyarakat, akan tetapi beliaupun mengagumi akan kehebatan
ilmunya. Beliau masih ingat ketika pada suatu malam dimana beliau tidur dengan
adiknya, Muhyidin (Arif Waspadi), dibangunkan dari tidur ditengah malam sepi
oleh Nenek beliau (Eyang Estri), beliau dibangunkan untuk mendengarkan suara
kakek beliau yang sedang zikir (wiridan).
Suatu keanehan terasa dalam keheningan malam
itu, beliau mendengar suara (waktu itu kakek beliau berzikir di ruang tengah, sendirian) yang
suara itu tidak hanya satu suara, tidak hanya suara kakeknya saja. Terdengar
jelas dan halus, lembut seolah-olah seperti suara seorang guru mengajari
seorang muridnya, dan kadang terdengar suara kakeknya menirukan, mengikuti
suara halus yang sedang mengajarinya,terasa dalam diri beliau bahwa kakenya
sedang “diwulang”.
Setelah itu tidak henti-hentinya beliau
menanyakan tentang “suara halus” tersebut. Akan tetapi jawaban yang didapat
beliau dari kakeknya hanya “bahwa itu yang bernama “Rizal”, selebihnya
beliau harus mencari tahu sendiri artinya. Dengan pengalaman tersebut,
pengalaman yang tidak hanya ditemui oleh beliau saja, akan tetapi
adik-adiknyapun, Muhyidin, Mahmud atau kakaknya Satijah, membuat dirinya kagum
akan kehebatan kakek beliau, Kyai Murma Besari.
Maka sejak meninggalnya kakek beliau, hati
beliau sangat merasa sedih, seolah-olah tiada jalan lagi tempat beliau menuntut
ilmu silat, tiada lagi guru yang akan membimbingnya, ayah telah tiada, kakek
juga telah pergi. Kegundahan hati beliau hampir membuatnya putus asa.
Namun ketika pada tahun 1951, satu tahun
setelah kakek beliau wafat, Allah SWT berkenan membuka hatinya kembali, beliau
mulai lagi menekuni ilmu silat yang beliau dapatkan dari kakek dan ayahandanya.
Pada setiap kesempatan, disamping
meningkatkan usaha perdagangannya dibidang perbatikan, beliau mulai mendatangi
guru-guru silat di luar kotanya. Pada kesempatan pertama beliau menemui Kyai
Haji Mawardi, di Astanadjapura, Cirebon. Degan membawa batik dagangannya beliau
mulai memperdalam ilmu silat dan ilmu-ilmu lainnya yang bertalian dengan Kyai
Haji Mawardi di Cirebon. Hal ini beliau lakukan secara sembunyi-sembunyi tanpa
sepengetahuan saudara-saudaranya.
Rasa ingin memperdalam ilmu silat yang beliau
miliki terus mendorong-dorongnya menuntun dirinya merasa tidak puas kalau hanya belajar pada Kyai Haji Mawardi
saja. Dicarinya guru-guru yang lainnya yang dipandang oleh beliau akan dapat
membawanya lebih meningkat lagi dalam ilmu silat.
Dan di Cirebon itu pula, di desa Lemah
Wungkuk, beliau menuntut ilmu pada seorang tokoh toretoh (Toretoh Satariyah)
bernama Kyai Mukmin. Beliau menuntut ilmu pada guru tersebut dengan
tidak mengesampingkan beban tanggung jawab usaha perdagangannya untuk
menghidupi keluarga, saudara-saudaranya, pulang pergi ke Purwokerto, tempat
tinggalnya. Cirebon tempat usaha dagangnya dan tempat menuntut ilmunya sudah
menjadi sebahagian hidup beliau kala itu. Sambil menyelam minum air, itu beliau
lakukan saat itu. Berusaha untuk menghidupi keluarga , menuntut ilmu untuk
diirinya.
Berkat pergaulan dan akhlak dengan
orang-orang yang ditemuinya, beliau mendapat seorang teman yang menjadi
karibnya pada waktu itu. Dengan karibnya ini yang bernama Achmadin, beliau
berlatih memperdalam ilmu silatnya, dan juga berusaha mengembangkan usaha
perdagangannya di kota Cirebon. Hari demi hari beliau lalui bersama
teman-temannya di kota Cirebon. Akhirnya betapa gembira hati beliau ketika
beliau tahu bahwa teman akrabnya, Achmadin itu tidak lain adalah putra dari
guru beliau, putra Kyai Mukmin.
Betapapun telah banyak pengetahuan-pengetahuan
yang telah diberikan oleh gurunya, Kkyai Mukmin, atas dorongan teman karibnya,
beliau dan temannya, pergi lagi menemui seorang guru di Desa Wanantara, Cirebon
bernama K. Tarmadi. Dari Kyai Mukmin, Lemah Wungkuk beliau dibekali ilmu silat
minang. Dan dari K. Tarmadi ini beliau mendapatkan ilmu silat SH sampai tahun
1952. Bertambahlah ilmu silat beliau sedikit demi sedikit, dengan pengorbanan
dan perjuangan yang besar, yang tak kenal lelah. Satu demi satu ilmu silat
didapatkannya, dipelajari, diperdalaminya bersama temannya Achmadin.
Rasa setia kawan beliau terhadap teman beliau
sangat besar., hingga pada suatu saat setelah dirasakan oleh teman beliau cukup dalam mempelajari ilmu-ilmu silat pada
Kyai Tarmadi ini, beliau bersedia diajak oleh temannya untuk menelusuri ilmu
silat pada seorang guru yang bernama Kyai Djalil yang tinggal di Cibaregbeg.
Tidak lama berguru pada Kyai Djalil di Cibaregbeg, beliau bersama temannya
melanjutkan berguru pada Kyai Nur Qosim
di Desa Cirengas. Dari Kyai Nur Qosim
yang lebih dikenal dengan sebutan pangeran Papak, beliau berdua banyak
mendapatkan pelajaran-pelajaran, baik mengenai pelajaran ilmu silat yang sedang
dikejarnya maupun ilmu-ilm lainnya yang bertalian dengan masalah hidup manusia.
Setelah cukup lama beliau berguru pada K. Nur
Qosim di Cirengas, yang selama menuntut
ilmunya itu beliau lakukan dengan pulang pergi, Cirengas – Purwokerto, beliau
berdua dengan seijin beliau pada awal tahun 1953 pergii menuju Desa Cimandey.
Di Desa Cimandey, tak jauh dari petilasan
Kyai Abu Chair, tokoh silat Cimandey, atas petunjuk dan bimbingan seorang murid
perguruan Cimandey bernama Karta Samsita.
Di sini beliau mendapatkan seorang teman baru, yang mana teman beliau
ini sudah cukup lama tinggal dan menuntut ilmu Cimandey. Teman barunya ini
bernama Syamsudin, yang kemudian teman beliau inilah yang sangat
membantu perkembangan ilmu silat ASMA’ di wilayah Jawa Barat.
Dari Gan Karta Samsita beliau mendapatkan
ilmu silat Cimandey dan ilmu silat Cikalong. Disamping itu pada kesempatan yang
lain beliau mendapatkan ilmu silat Shantung dari seorang tokoh silat Cina di
Indramayu bernama Cun Kun.
Suatu ketika belum lagi puas mempelajari ilmu
Cimande dan Cikalong, teman baru beliau, Syamsudin pergi meninggalkan beliau
dan menuju Banten, disana beliau ditunggu. Tak lama sepeninggal Syamsudin,
teman belia, pada tahun 1955 setelah dirasakan cukup lama mempelajari ilmu
silat Cimandey dan Cikalong, beliaupun pergi ke Banten menyusul temannya Kyai
Syamsudin. Mereka bertemu di desa Cikesik. Akan tetapi beliau tidak tinggal
lama di desa Cikesik ini. Lebih kurang satu setengah bulan saja.
Sadar atau tidak sadar betapapun selama ini
beliau banyak menyelusuri, memperdalam ilmu silat yang sangat didambakannya
itu, rupanya telah membuat usaha perdagangannyakocar-kacir. Perusahaan yang
telah dirintis oleh Kakek, Ayahanda beliau, usaha perbatikan yang menjadi
tumpuan saudara-saudaranya hancur berantakan. Perusahaan batik yang telah
bertahun-tahun dirintis baik, telah hancur tanpa disadari oleh beliau yang oleh
salah satu sebab untuk memperjuangkan, memiliki ilmu silat yang sangat
didambakannya.
Memang hasil yang boleh dibilang tidak
sedikit ilmu yang eliau peroleh, namun pula tidak sedikit pengorbanan yang
harus beliau berikan. Harta benda perusahaan, sanak keluarga beliaupun ikut
menderita, ikut berkorban memenuhi
tuntutan hati nurani beliau yang mendambakan ilmu silat. Semoga (harapan
penulis) sejarah ini menjadi pengetahuan bagi murid-murid beliau, menjadi
hikmah bagi kita semua, bahwa tidaklah mudahnya beliau mendapatkan ilmu-ilmu
silat itu. Segala perjuangan yang penuh pengorbanan beliau hadapi demi ilmu,
yang kemudian ilmu-ilmu yang telah dicari dengan susah payah, hanya beliau
berikan begitu saja dengan mudahnya kepada murid-muridnya. Bagi murid-murid
Peguruan Silat ASMA ingatlah sabda Rosululloh Saw.
“Barang
siapa tidak berterima kasih pada manusia berarti
Iapun
tidak berterima kasih pada KU (Allah Swt.)”.
Dari
Cikesik Banten, beliau pulang kembali ke Purwokerto, mendapati kenyataan
perusahaan batik yang merupakan tumpuan harapan seluruh keluarga beliau,
tumpuan nafkah saudara-saudaranya telah bangkrut (pailit).
Akhirnya
beliau mencoba beralih kebidang usaha lain. Kebetulan salah seorang temannya
menawarkan pekerjaan penebangan hutan di lereng Gunung Slamet, dan kota
Purwokerto tempat beliau dan saudara-saudaranya tinggal terletak di kaki Gunung
Slamet. Tanpa pikir panjang lagi tawaran tersebut beliau terima.
Banyak halangan yang beliau jumpai ketika
melaksanakan pekerjaan tersebut, menebang hutan jati di kaki Gunung Slamet
bukanlah meruupakan pekerjaan yang mudah, disamping peralatan-peralatan yang
beliau miliki masih belum sebaik jaman modern, hutan Gunung Slamet inipun masih
sangat terkenal keangkerannya dan binatang-binatang buas atau binatang berbisa.
Namun semua itu beliau lakukan dengan penuh kesabaran dan tawakal pada Allah
SWT.
Pernah terjadi sekali waktu, kayu-kayu hasil
penebangan yang telah dikumpulkan, esok harinya berserakan seperti habis
dilanda angin puyuh, padahal malamnya tak ada angin puyuh yang melanda. Berkat
kesabaran dan keyakinan beliau pada Allah SWT, serta berkat ilmu-ilmu yang
beliau miliki semua rintangan dapat beliau atasi. Selama penebangan hutan jati
itu beliau tidur dan menginap di hutan bersama-sama para penebang, dan bahkan
tanpa beliau duga, beliau tidak hanya ditemani para penebang saja. Seekor ular
sebesar pohon kelapa namun memili ukuran panjang hanya satu meter yang entah
dari mana datangnya, setiap hari selalu hadir mengikuti beliau memeriksa
penebangan kayu.
Sejarah ini bikan penulis dengar dari beliau
sendiri, akan tetapi salah seorang bekas penebang kayu tersebutpun menyatakan
demikian pada penulis, penebang kayu tersebut bernama (biasa dipanggil Paman
Yakup). Paman Yakup ini adalah yang “ngemong” (teman bermain bersama) beliau
sejak kecil, dan ayah Paman Yakup adalah salah seorang penderek yang setia pada
kakeknya, maka pada waktu penebangn kayu itu Yakup lah yang mendampingi beliau
di hutan Gunung Slamet, jadi Paman Yakup sudah seperti keluarga beliau.
Setelah selesai pekerjaan penebangan kayu di
hutan Gunung Slamet, beliau membuka usaha perkayuan dengan membuat perkakas
rumah tangga (meubel). Dan sejak itulah kehidupan keluarganya kembali seperti
sedia kala, semua kebutuhan keluarga dapat beliau penuhi.
Pada waktu itu beliau telah dikaruniai dua
putra laki-laki, dan semua kakak-kakak beliapun sudah berumah tangga. Memang darah silat yang ada dalam diri beliau
tidaklah dapat cair beguitu saja walau berbagai macam rintangan menghalanginya,
semangat menuntut ilmu silat kembali bergejolak dihati beliau.
Dengan pertimbangan bahwa semua usaha
perdagangan perabot rumah tangga yang beliau rintis telah dapat diandalkan
untuk membiayayi kehidupan rumah tangganya, akhirnya beliau pada awal
tahun 1957 kembali menuju Banten.
Akan usaha perkayuan beliau, beliau
percayakan pada Paman Yakup dan istri beliau (Ibu Amini) untuk mengelolanya.
Beliau
menuju ke Cikesik menemui K. Syamsudin temannya, dan mereka berdua menuju
Rawayan menjumpai seorang guru yang bernama Kyai Adjbar Mau’min. Sejak saat itulah beliau seringkali pulang
pergi Rawayan-Purwokerto untuk menambah dan memperdalam ilmu yang pernah beliau
pelajari.
Pulang pergi dari Rawayan-Purwokerto berjalan
selama lebih kurang 3 tahun. Setelah puas dengan apa yang beliau dapatkan
selama itu dalam mempelajari ilmu silat, kemudian menginjak tahun 1960 beliau
mulai mengadakan penelitian terhadap semua pelajaran-pelajaran, ilmu-ilmu yang
didapatinya. Satu persatu ditelitinya dengan seksama dan hati-hati, akhirnya beliau
berhasil menemukan suatu teknik baru yang terhimpun dalam sepuluh jurus ASMA’.
Semua bentuk penemuan beliau ini tidak
terlepas dari dasar-dasar ilmu yang penah beliau dapatkan dari guru-gurunya.
Setelah genap sepuluh jurus, dengan rasa
bangga dan gembira beliau pergi ke Banten untuk memberitahukan kepada guru
beliau Kyai Adjbar Mu’min. Dengan rasa gembira guru beliau Kyai Adjbar Mu’min memberikan petunjuk-petunjuk kepada
beliau guna menyempurnakan penemuannya itu. Banyak Kyai Adjbar Mu’min memberikan
tambahan-tambahan yang sangat perlu sebagai penyempurnaan penemuan beliau.
Setelah disempurnakan oleh gurunya, beliau diberi restu oleh guru beliau Kyai
Adjbar Mu’min untuk mengembangkan penemuannya itu, dan silat penemuan beliau
oleh gurunya diberikan nama silat ASMA’.
Dengan rasa puas dan rasa syukur kehadirat
Allah SWT beliau kembali ke Purwokerto dengan membawa hasil yang selama ini
diidamkannya. Dan tanpa terasa beliau telah menelusuri ilmu silat selama lebih
kurang 20 tahun, sejak beliau dititipkan oleh ayahandanya sampai beliau
diijinkan mengembangkan ilmunya oleh gurunya.
Dengan berbekal mengamalkkan ilmunya, beliau
kembali menetap di kota kelahirannya lagi, akan tetapi sebelum beliau
menyebarkan ilmunya beliau masih sempat belajar pada seorang guru wanita yang
bernama Mpo Yam di Pleret.
PENGEMBANGAN
SILAT ASMA’
Setelah mendapat restu dari guru beliau
Kyai Adjbar Mu’min di Rawayan, beliau
kembali ke kota kelahirannya, berkumpul bersama keluarga dan saudara-saudaranya
lagi, dengan tekad mengembangkan dan mengamalkan ilmu-ilmu yang selama ini
ditemukannya.
Pada awal 1961 entah bagaimana caranya,
beliau kedatangan beberapa orang yang boleh dipandang cukup memiliki ilmu
silat. Mereka mencoba beliau, dengan maksud baik akhirnya mereka bersedia belajar
(berguru) pada beliau. Mereka inilah murid-murid yang pertama yang menerima
pelajaran dari beliau. Masih beliau ingat beberapa diantaranya adalah :
1. K. Mudakir dari Desa
Prembun.
2. Bimun dan seorang temannya
dari Desa Tambun, Bekasi, Jawa Barat.
3. Muhrodji dari Desa
Karangsalam, Purwokerto.
4. Kyai Amir dari Desa Kemutug,
Baturraden, Purwokerto.
5. Mansyur dari Desa Karang
Cengis, Klampok, Banyumas.
6. Sukardjo dari Desa
Kedjobong, Banyumas.
7. Makusdi AS dari Purwokerto.
8. Dan 2 orang lagi yang beliau
lupa namanya.
Kedelapan murid pertama beliau ini adalah
orang-orang yang cukup usia, dan sudah memiliki ilmu-ilmu silat. Akan tetapi
mereka ini tidak lama menekuni ilmu silat beliau lebih kurang hanya dalam waktu
kurang dari satu tahun mereka tidak pernah lagi menekuni mengikuti pelajaran
yang akan beliau turunkan silat ASMA’.
Sekira pada penghujung tahun 1962 beliau
mencoba menurunkan ilmunya pada salah seorang keponakan beliau (keponakan istri
beliau) yang masih sangatlah muda usianya bersama beberapa temannya yang sebaya.
Mereka ini adalah murid angkatan kedua beliau, antara lain :
1. Ambar Sukarso (keponakan
beliau)
2. Ruslani,
3. Embut,
4. Dan dua orang lagi yang
beliau tidak ingat namanya
Pada mereka beliau berikan
pelajaran-pelajaran dasar-dasarnya saja dari ilmu-ilmu silat ASMA’. Namun dalam
waktu yang tidak begitu lama, beberapa murid beliau yang masih sangat muda usia
ini tidak lagi mengikuti pendidikan pelajaran ilmu silat ASMA’. Hingga waktu
yang singkat muridnya tinggal dua orang, yaitu Ambar Sukarso dan Ruslani, yang
pada waktu itu masih berusia lebih kurang 15 tahun-16 tahun.
Akan tetapi pemuda-pemuda yang tinggal di
sekitar rumahnya telah mendengar, bahwa beliau memberi pelajaran ilmu silat,
hingga mulailah banyak berdatangan menemui beliau untuk mengikuti pendidikan ilmu
silat ASMA’ pada belliau. Diantara pemuda-pemuda itu terdapat putra-putra
pendekar di desanya. Beberapa pemuda yang beliau ingat yang mengikuti
pendidikan pada masa itu adalah :
1. Ambar Sukarso
2. Ruslani
3. Ali Mashun, putra K. H.
Muhaemin teman ayah beliau
4. M. Thoyibbinafsi, putra A.
Mukti teman ayah beliau
5. Suhadi, putra K. H. Muhaemin
6. Tohari Maksum
7. Disusul kemudian dengan
beberapa pemuda-pemuda lain yang tinggal disekitar rumah beliau.
Namun dari murid beliau inipun ada beberappa
orang yang tidak melanjutkan pelajarannya dalam menuntut ilmu silat ASMA’,
padahal ketika itu boleh dibilang pelajaran-pelajaran yang beliau berikan hanya
masih merupakan pelajaran-pelajaran dasar saja, walau sudah nampak (boleh
dikatakan) gerakan jurus.
Memang sudah menjadi tradisi umum yang tidak tercatat
mungkin, di dalam perguruan yang baru dirintisnya ada yang masuk dan ada juga
siswa yang keluar. Pada waktu itu beliau memang meberi kebebasan pada
murid-muridnya, yang penting bagi beliau pada waktu adalah agar pemuda-pemuda
di desanya dapat terhimpun dan mengarah kepada kegiatan yang positif.
Akhirnya banyak pemuda-pemuda yang berkumpul mengikuti
pendidikan dari beliau, tercatat pada waktu itu (1964) yang mana tahun tersebut
mulai tampak kemantapan jadwal latihan-latihan dengan baik, walaupun masih
kadang ada pula yang masih “keluar masuk” dalam mengikuti latihan.
Pemuda-pemuda siswanya antara lain :
1. Ambar Sukarso
2. Ruslani
3. Ngubaedi KHM
4. Sumadi KHM
5. Tohari Maksum
6. Ndeng Rana S
7. Didin Syarifudin
8. Erwin Astakiwa
9. Makudi AS
10. Sudarmadi
|
11. Sadjudi WS
12. Sutono WS
13. Umono
14. Narsun
15. Narso
16. Muchdjir
17. Sahirun
18. Rodjikin
19. Sumadi Prt
20. Kamso Djatmiko
|
21. Sunarto
22. Basrawie
23. Sudaryono
24. Sudiro
25. Achmad Sobari
26. Suhadi KHM
27. Said Basalamah
28. Sururi
29.
Slamet
(B.
Suripno)
30. Sutedjo
|
31. Suyono
(keponakan
beliau)
32. Tito
(keponakan
beliau)
33. Ahmad
34. Suyono keling
35. Suratman
36. Dul Latip
37. Kadir Yusup
38. A. Hasan
39. A. Nangim
40. Mustofa
41. dll.
|
Kecerdikan dan kepandaian beliau dalam
menarik hati pemuda-pemuda asuhannya telah membuat siswa-siswanya merasa betah
dan senang terhadap beliau, serasa ingin selalu berada di dekat beliau. Rumah
tinggal beliau tak dapat lagi menampung berkumpulnya para siswa-siswanya dan
tempat latihan yang dipergunakan pada waktu itu adalah “blandongan”.
Di samping rasa yang dimiliki siswa-siswanya
ingin selalu dekat dengan beliau dan beliaupun tidak hanya mendidik ilmu silat
saja, beliaupun sangat menarik apabila bercerita.
Hal
ini rupanya banyak membuat siswa lebih banyak mengobrol dengan beliau dari pada
menekuni pelajaran (berlatih) silat yang
beliau turunkan. Keakraban dan rasa persaudaraan beliau tanamkan dalam-dalam
terhadap para siswanya membuat suasana padepokan terasa damai.
Apabila waktu latihan senggang, tidak ada
jadwal latihan, para siswa banyak berkumpul di rumah penulis dan penulis masih
ingat ketika amben (tempat tidur)
penulis ambruk karena tidak kuat menahan beban tubuh para siswa yang enak-enak
ngobrol di kamar penuulis.
Dan suguhan “wedang jahe” yang digodog
sendiri, jahenya dari siswa Slamet, sempat menghangatkan suasana persaudaraan
dikalangan siswa-siswa beliau.
Memang
pada waktu itu sangat tampak dan terasa sekali rasa persaudaraan di antara para
siswa, bergurau bersama, bepergian beramai-ramai, berkumpul di padepokan
bersama-sama. Demikianlah yang memang beliau harapkan pada siswanya.
Siswa-siswa inilah yang merupakan siswa angkatan
ketika dari perguruan silat ASMA, angakatan dalam suasana penuh kedamaian.
Namun suasana yang begitu damainya tergangggu
oleh peristiwa G-30 S/PKI.
Baru lebih kurang satu tahun beliau membina
siswa-siswanya dengan penuh kedamaian telah menghadapi cobaan bagi perguruan
yang baru dirintisnya. Beberapa orang muridnya pergi meninggalkan perguruannya,
namu tidak membuat perguruan silat ASMA memudar bahkan lebih nampak
kekokohannya.
Peristiwa tersebut membuat beliau membentuk
suatu kelompok siswa yang beliau istilahkan dengan “kelompok siswa empat
puluh”, karena beliau memilih 40 orang siswanya untuk menjaga keamanan desanya
dan kota Purwokerto umumnya. Rupanya
siswa-siswa beliau ini banyak membantu menjaga kestabilan keamanan di desanya
pada waktu itu. Siswa-siswanya banyak yang berubah menjadi “kalong” pada saat
itu, siang tidur, malam berjaga-jaga, meronda.
Perjuangan beliau dan para siswanya banyak
dirasakan oleh masyarakat desanya, sehingga masyarakat lebih menanamkan
kepercayaannya kepada beliau. Para orang tua banyak yang mempercayakan
putra-putranya pada beliau untuk dididik dan dibina dalam kancah perguruan
silat ASMA asuhan beliau.
Bahkan sejak peristiwa itu tidak sedikit
orang-orang tua ikut bergabung dengan Perguruan Silat ASMA, para pendekar-pendekar
di desanya, para ahli pikir, para pedagang, guru-guru dan banyak lagi.
Perguruan berubah menjadi seperti markas tempat berkumpul para pejuang yang
tidak rela menghadapi penghianatan PKI yang mau menginjak-injak Pancasila. Dan
para siswa beliau tidak merasa canggung menerima “kedatangan” orang tua-orang
tua ini.
Kenyataan memang harus berjalan demikian
rupanya, beberapa orang tua yang “ikut nimbrung” (melu geguyuban) antara lain :
1. Bpk. Kyai Muhaji (Almarhum,
pendekar silat).
2. Bpk. Asro dan murid-murid
beliau
3. Bpk. Achmad Sudjaed, pesilat
mahir (tokoh silat)
4. Bpk. Achmad sudjadi tokoh
masyarakat di Desa Purwokerto Lor.
5. Bpk. A. Sunaryo (pengusaha)
6. Bpk. K. ‘Abdussalam (tokoh
di Desa Kebumen, Baturraden)
7. Bpk. K. Musallim Ridlo
(angg. DPR Banyumas).
8. Bpk. K. H. Musa Abdilllah
(angg. DPR Prop. Jateng).
9. Bpk. Imam Salimi (pengusaha)
10. Bpk. Ramidi AS
11. Bpk. Drs. Slamet Riyadi
(waktu itu masih kuliah/ BA)
12. dan masih banyak lagi.
Banyak kejadian-kejadian yang tercatat dalam
lembaran sejarah perguruan pada tahun itu, perguruan yang beliau asuh sempat
menjadi tempat bernaung dan berteduh masyarakat
yang kala itu dalam suasana tak menentu, bahkan perguruan yang beliau
bina sempat pula menanamkan simpatiknya di pemerintahan.
Beberapa kali perguruan diminta ikut membantu
aparat keamanan setempat Kepolisian Purwokerto (Kores Banyumas) antara lain :
peristiwa Harba I I, dimana siswa-siswa beliau diminta untuk mengawal barisan P
I I. (Kejadian pencabutan plang PNI di sebelah timur kediaman/Karesidenan
Banyumas) dan siswa-siswa membantu aparat
keamanan, menjaga keamanan pada waktu Sholat ‘Ied di alun-alun
Purwokerto. (siswa memakai “deker” di tangan kanan).
Peristiwa ini membuktikan bahwa beliau telah
berhasil menanamkan kepercayaan
masyarakat pada perguruan silat ASMA yang beliau asuh sendiri.
Perguruan
silat ASMA yang beliau asuh nampak semakin mapan di hati masyarakat kota
Purwokerto, walaupun boleh dikatakan pada waktu itu kegiatan akan latihan silat
“istirahat”karena situasi, namun jumlah simpatisan terus mengalir seperti air
sungai yang meluap.
Akan tetapi keadaan ini tidak membuat
siswa-siswa menjadi bangga, congkak dan
sombong, bahkan siswa-siswa makin meningkatkan keprihatinannya sesuai dengan
didikan beliau, karena para siswa sadar akan tanggung jawab nama baik akan perguruannya
yang telah mendapat tempat di hati masyarakat banyak.
Peristiwa G-30-S/PKI membuat perguruan silat
ASMA’ yang beliau asuh semakin mendapat tempat di hati masyarakat luas, bahkan
di kalangan pemerintah pada waktu itu, sehingga membuat perguruan semakin
berkembang.
Mulai tahun 1966 Perguruan Silat ASMA’
melebarkan da’wahnya, mencoba memperkenalkan dirinya keluar daerah dengan
berkiprah bersama kelompok seniman santri “LESBUMI” Purwokerto, Banjarnegara,
Wonosobo, Kebumen, Gombong, dan daerah lain bahkan kota Magelang pernah menjadi
ajang da’wah perguruan bersama LESBUMI. LESBUMI dan Perguruan Silat ASMA saling
bantu membantu berkiprah, bagis siswa-siswa yang pandai bermain drama diberi
kesempatan mengembangkan kariernya melalui seni dramanya (banyak siswa yang
mendukung pementasa drama : “BUMI YANG DIHIJAUKAN”, bahkan sutradaranya adalah
salah seorang siswa beliau : SUHADI).
Yang pandai menabuh gendang, suling dan
lain-lainnya membentuk kelompok orkes melayu “LESBUMI” (antara lain : Said
Basalamah, Sudarmadi, Sutedjo, Sumadi, Sudaryono, Sumardi Pr, Narsun, Narso,
Latip, Sadjudi, Sudiro, Rodjikin, dll).
Siswa yang pandai main gitar, Erwin, Umono,
Sutoyo WS, Abd. Na’im, Hasan dll bergabung dalam satu kelompok band yang
disponsori oleh Bapak Ramidi AS. Bagi mereka yang dipercaya memanggungkan
teknik-teknik silat : Ngubaidi KHM yang berpasangan dengan Ndeng Rana S, Sururi
berpasangan dengan Tohari, Sumadi berpasangan dengan Ruslani, selalu mengisi
setiap kesempatan group orkes melayu memanggung ke daerah-daerah. Maka antara
group orkes melayu dan grup silat selalu beriringan , kemana group orkes
manggung, group silatpun ikut “pamer”, maka tak heranlah kalau masyarakat
banyak tidak puas kalau yang manggung hanya orkesnya saja, harus ada silatnya..
Kegiatan ini (jaman kiprah) berlangsung
hampir penuh satu tahun, sehingga suasana padepokan sepi dari ajang
latihan-latihan silat, kecuali hanya diisi siswa yang tergabung dalam group
silatnya saja, karena mereka ini harus selalu dalam keadaan “siap untuk
dipamerkan” (Tahun 1966-1967)
Disaat kesempatan lain kala itu, beliau mulai
menurunkan ilmu-ilmu silatnya yang beliau rasa perlu bagi pegangan
siswa-siswanya, satu demi satu beliau berikan pada murid-muridnya yang telah
tampak akan kesungguhannya dalam menuntut ilmu silat.
Ketika menginjak awal tahun 1967, padepokan
mulai ditinggalkan oleh siswa-siswanya. Satu demi satu padepokan ditinggalkan,
entah karena masing-masing menginjak dewasa, entah karena kesibukan lain,
banyak siswa-siswa yang tidak melanjutkan pelajarannya, akhirnya dipertengahan
tahun 1967, beliau hanya dihadapi oleh 6 (enam) orang saja. Tiga diantaranya
siswanya ini beliau tampung, beliau pelihara dan beliau “hidupi” di lingkungan
keluarga beliau.
Beliau membuat langgar sebagai tempat
bernaung ketiga muridnya ini. Siswa-siswa beliau yang aktif menekuni latihan
pada waktu itu hanya enam siswa :
1.
Ruslani;
2.
Ngubaedi
KHM;
3.
Ndeng
Rana S;
4.
Sumad
KHM;
5.
Kamso
Djatmiko (pada waktu itu belum Drs);
6.
Sunarto.
|
Namun demikian betapapun keenam siswa
tersebut telah banyak ditinggalkan oleh teman-temannya, apabila akan diturunkan
suatu ilmu, mereka cepat-cepat mengumpulkan teman-temannya yang lain, dengan
harapan padepokan akan menjadi ramai kembali.
Begitulah suasana padepokan pada tahun 1967,
beliau hanya dikelilingi oleh ketiga siswanya yang bersemayam “di langgar
beliau”, siang, malam siswa-siswanya itu mendampinginya. Sedih, duka cerita
yang menerjang kehidupan beliau, beliau hadapi dengan rasa penuh tawa ria
bersama tiga muridnya. Terkadang sampai jauh larut malam beliau masih “menina
bobokkan” ketiga siswanya dengan nyanyian piwulang kehidupan.
Walaupun nusantara dilanda keresahan akibat
penghianatan PKI, yang membawa kondisi dalam kegetiran hidup, namun beliau
hadapi dengan tawa ria bersama ketiga muridnya. Hasil usaha beliau yang pada
waktu boleh dibilang dala “kondisi minim” masih sempat beliau sisihkan untuk
“menghidupi” ketiga siswanya.
PERGURUAN
ASMA’ MELEBARKAN SAYAPNYA
Tahun 1967, beliau hanya ditemani oleh tiga
siswa saja lagi yang mereka itu istilahkan sebagai “jin penunggu langgar”.
Kasih sayang beliau terhadap ketiga siswanya sudah seperti anak sendiri. Beliau
rela tidak makan, asalkan mereka (siswanya ini) tidak kelaparan, nasi sepiring
terasa sekang yang menyumbat apabila beliau telan, kalau siswanya ini harus
bernyanyi “perut keroncongan”.
Disini penulis bukan bermaksud
melebih-lebihkan akan keadaan beliau saat menhadapi muridnya, akan tetapi
beliau bukan hanya merupakan guru yang pandai bicara, tapi beliaupun menanamkan
pendidikan “kelakuan” sebagai contoh, agar siswa-siswanya menajdi luhur,
berpekerti baik, menjadi tauladan yang patut untuk dicontoh. Demikian memang
cara kehidupan mendidik bagi para siswa, seorang guru harus dapat saling
menyayangi, mencintai murid asuhannya. Ketiga muridnya ini tidak hanya mendapat
asuhan serta bimbingan beliau saja, banyak pula teman-teman beliau ikut
menggembleng mereka. Bapak K. Muhaji tiak lupa turun tangan memeberikan
bimbingan silat yang beliau miliki, Pak Arso ikut juga nimbrung urun silatnya
pada siswa-siswanya, Bapak Kyai Haji Ahmad Musalim Ridlo bin Kyai Haji Ahmad
Masruri tidak lupa mengisi batiniahnya, Bapak Kyai Abdussalam Kyai Haji Ahmad
Masruri, Bapak Kyai Abdul Qodir Kyai Haji Ahmad Masruri (dari Desa Kebumen,
Baturraden) ikut mengisi pengetahuan agama pada mereka.
Demikianlah hari-hari berjalan, beliau
membina dan mendidik siswanya itu dengan penuh kasih sayang dengan harapan
mereka akan dapat menggantikannya kelak dikemudian hari. Selang beberapa lama
pada pertengahan tahun itu juga, tanpa disangka beliau bertemu dengan teman
lamanya Kyai Syamsudin di Kota Cilacap. Rupanya Kyai Udin Syamsudin ini telah
membuka padepokan pula di kota itu.
Hasil dari pertemuan beliau dengan K. Udin
Syamsudin ternyata merupakan
perkembangan perguruan yang sangat besar artinya. Beliau tak lama kemudian
mengirimkan 2 (dua) orang siswanya ke Cilacap untuk membantu K. Syamsudin
menghidupkan padepokannya. Kedua siswa beliau yang dikirim adalah : Ngubaedi
KHM dan Ruslani, dan tinggallah seorang siswa lagi yang menemani beliau (Ndeng
Rana S).
Karena
mengerti “kesepian” yang melanda siswa yang satunya ini, kemudian beliau
menitipkannya pada adik beliau, M. Arif Waspadi di Karang Klesem untuk
mengembangkan silat di desa itu.
Dari kedua siswa yang beliau kirimkan ke
padepokan K. Udin Syamsudin ini membuahkan siswa baru, bernama : Rahono dan
Rahardjo (mereka kembar). Sedangkan siswa beliau yang mengembangkan silat di
Karang Klesem membuahkan beberapa orang siswa baru : Chumaedi Azhar, Sunarto
dll. Menginjak tahun 1968, ketiga siswanya berkumpul kembali, hidup di langgar
bersama sebagai “jin penunggu langgar”.
Kemajuan perguruan silat ASMA’ di Kota
Cilacap maju dengan pesatnya di bawah bimbingan Bapak K. Udin Syamsudin yang
dibantu oleh kedua siswanya : Rahono dan Rahardjo, sehingga mereka sering pergi
ke Cilacap. Kelak, ketiga orang inilah yang mengembangkan Perguruan Silat ASMA’
di Kota Karawang, Jawa Barat, yang berkembang pesat di kota itu.
Setelah ketiga siswanya berkumpul lagi,
mereka mencoba menghidupkan kembali suasana padepokan, dengan harapan
memperdalam pelajaran yang mereka dapat ari beliau. Mereka mencoba menghidupkan
Padepokan Perguruan Silat dengan mengadakan latihan-latihan setiap malam, dan
mereka mencoba menghubungi teman-teman lamanya yang sesungguhnya masih sering
mereka berkumpul di padepokan. Akhirnya suasana padepokan kembali dihentakkan
oleh kaki-kaki siswa beliau lagi. Siswa-siswa yang giat mengadakan
latihan-latihan pada waktu itu tercatat adalah :
1. Ngubaedi KHM
2. Ruslani
3. Ndeng Rana S
4. Sumardi KHM
5. Kamso Djatmiko
Kelima siswa inilah yang oleh beliau dianggap
siswa angkatan ketiganya, angkatan ketiga sejak beliau pertama memberikan
pelajaran teknik-teknik silat ASMA’ yang beliau ketahui. Dikatakan angkatan
ketiga dari pelajaran-pelajaran teknik, karena memang pada kenyataannya banyak
murid yang hanya mempelajari pelajaran-pelajaran non teknik (beliau tidak hanya
memberikan pelajaran teknis jurus saja).
Kepada kelima siswanya yang giat mengikuti
pelajaran-pelajaran teknik banyak beliau berikan pelajaran secara terperinci,
bahkan dalam latihan-latihan pendalaman pelajaran beberapa pendekar di kawasan
itupun ikut membantu menggembleng mereka, K. Muhadji yang sangat sayang pada
siswa yang bernama Ndeng, Pak Asro yang selalu bersedia jadi sasaran sabung
(beradu), Basori (murid Pak Asro).
Masih teringat dalam hati beliau ketika
mengadakan bimbingan latihan teknik untuk orang-orang tua di Desa Kauman Lama
(desa beliau), di gudang Kapok Jl.
Buntu.
Banyak orang-orang tua yang amsih mau
mengikuti latihan yang diadakan pada waktu itu, bahkan ada yang sudah mempunyai
cucu, semua kira-kira berjumlah sekitar 40-50 orang-orang tua. Pada waktu
latihan ini beliau dibantu oleh ketiga siswanya.
Memang kalau teringat bagi beliau-beliau ini
cukup menggelikan, antara lain pada waktu itu yang mengikuti latihan adalah :
Bpk. Mujaeni, Bpk. Mukadir, Bpk. Harun,
Bpk. Sudjadi, Bpk. A. Sudjaedi, dll.
Usaha beliau dan kelima muridnya (murid
angkatan ketiga) tidaklah sia-sia, walaupun suasana padepokan tetap sepi dari
latihan-latihan kecuali hanya diisi kelima muridnya, namun di luar padepokan
kelima muridnya sempat melebarkan sayap perguruannya.
Tahun 1968, kelima muridnya masing-masing
berusaha mencoba menelorkan siswa-siswa baru, antara lain :
1. Sumadi KHM menelorkan :
Mochamad Taris, Abdul Manan
2.
Ngubaedi
KHM dan Ndeng Rana menelorkan : Akhwani dan Ahyani
Pada awal tahun 1970 barulah tampak jelas
kebangkitan kembali perguruan silat ASMA’ yang telah beliau rintis
bertahun-tahun, seorang siswa beliau bernama Sumadi KHM, telah berhasil
mengembangkan perguruan silat ASMA’ dengan membuat bibit-bibit siswa baru, yang
kemudian oleh beliau diistilahkan dengan siswa Peguruan Silat Asma’ angkatan
keempat. Diantaranya mereka tercatat nama-nama :
1. Sundaro
|
(no. 1,2, dan
3) Yang kemudian mereka mengembangkan di Desa Beji
|
2. Syukur
|
|
3. Wahyudi
|
|
4. Slamet
|
Membantu mengembangkan di Kauman Lama
|
5. Zainal Abidin
|
(no. 5 dan 6)Mengembangkan
di Desa Kedung Banteng
|
6. Sihabudin
|
|
7. Karseno mengembangkan di
Desa Teluk
|
|
8. Abdul Manan membantu
mengembangkan di Desa Kauman Lama / di Padepokan
|
|
9. Kardi Suharto
|
|
10. Imam Sulkhani yang
kemudian merintis perkembangan di Rempoah
|
|
11. Dan putra-putra beliau
sendiri, Imam Basuki, Suripto Basuki yang banyak menelorkan siswa di Desa
Kauman Lama
|
|
12. Dan masih banyak lagi yang
tidak tercatat
|
Pamor perguruan ASMA’ bangkit kembali
menyinari Kota Purwokerto. Karena padepokan sudah ramai lagi ditunjuklah salah
satu siswa beliau untuk memimpin, membantu beliau, yaitu siswa yang telah
berhasil menyemarakan sinar perguruan silat ASMA pada waktu itu : Sdr Sumadi
KHM.
Akan siswa yang lain yang bernama Ndeng Rana
S dan Ruslani pindah ke luar kota Jakarta dan kemudian Ruslani ke Lampung,
Sumatra. Sedangkan Ngubaidi KHM tetap
tinggal di Purwokerto membantu adiknya Sumardi KHM mengembangkan perguruan.
Setelah dirasakannya siswa-siswa makin hari
bertambah bertambah banyak, maka beliau dan muridnya Sumardi KHM, Chumaedi
Azhar Zr dalam membina siswa-siswanya dibidang pembinaan akhlak, beliau
mengadakan pengajian “Jum’at Kliwon” dimana dalam pengajian tersebut sering
diisi oleh Bpk. K.H.A Musalim Ridlo, dan karena jumlah siswanya sangat banyak
tempat yang dipergunakannya adalah Masjid Kauman Lama (masjid yang dirintis
pembangunannya oleh kakek beliau).
Pengajian inilah yang mulanya memulai
pengajian umum yang kini terus berlangsung hingga sekarang, sampai kepada
masjid dipugar dan bernama “Al Istiqomah”.
Pengajian yang mulanya hanya ditujukan untuk
pembinaan para siswa perguruan silat ASMA’, berkembang menjadi pengajian
khalayak ramai, karena tidak hanya dikunjungi
oleh siswa-siswa perguruan saja namun juga masyarakat umum di sekitar
desanya.
Rupanya tanpa diduga berkat perjuangan beliau
dan muridnya yang bernama Sumaidi ini telah membawa masyarakat luas ke arah
positif, pembinaan bangsa dalam bidang pembentukan karakter, sepiritual bangsa.
Keadaan ini berlangsung lebih kurang 4
(empat) tahun sebagaimana sudah menjadi kenyataan alam roda kehidupan selalu
berputar, demikian pula akan kehidupa Perguruan Silat ASMA’.
Sementara itu pada tahun 1972, perguruan
sempat membuat diklat pelajaran-pelajaran jurus yang gambar-gambarnya (hanya
gambar-gambarnya) dibuat siswa yang bernama Ndeng Rana S di Jakarta. Diklat
tersebut dimaksudkan untuk mempermudah siswa-siswa dalam mengikuti pelajaran
silat ASMA’.
Setelah 4 tahun sinar perguruan bersinar,
kemudian mulai meredup lagi setelah ditinggal pergi oleh ketuanya Sumadi KHM
yang berhijrah ke Jakarta untuk meningkatkan tuntutan kehidupannya.
Padepokan yang mulai meredup ini dicoba untuk
dipertahankan oleh siswa-siswa beliau yang lain, namun memang harus demikian
jadinya keadaan padepokan.
Sesungguhnya beliau merasa sedih karena
ditinggalkan pergi oleh siswa-siswanya yang berhasil mengorbitkan perguruannya
ini pergi ke Jakarta, karena beliau tahu betapa urgennya tenaga dan pikiran
Sumadi KHM. Pada waktu itu di dalam kancah pengembangan Silat ASMA’, pandangan
beliau memang menjadi kenyyataan bahwa pada waktu itu belum ada yang akan
sanggup mengembangkan secara baik dan komplek silat ASMA ke jenjang yang lebih
besar dan lebih luas.
Akan tetapi kalau ditinjau secara seksama,
pengembangan Perguruan Silat ASMA’ saat itu adalah kembali berpeluan kepada
dasar perjuangan beliau sendiri kala tahun 1965-1966, dimana beliau telah
berhasil membawa Perguruan Silat ASMA’ sehingga berkenan menarik simpati
masyarakat luas.
Jadi perkembangan tahun-tahun tersebut adalah
merupakan kelanjuta aksi-aksi beliau dan siswa-siswanya dalam kancah da’wahnya
bersama LESBUMI. Namun beruntung pula bahwa di tahun 1971 Perguruan Silat ASMA
resmi terhimpun dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia Cabang Banyumas.
Yang mana pada tahun 1973 Perguruan Pencak
Silat ASMA’ sempat mengirim pesilatnya (Sumardi-Surun-M. Taris) mengikuti
pertandingan nasional IPSI tingkat
propinsi di Semarang.
Pada pertandingan tersebut Pesilat ASMA’
ditarik kembali karena ketiadaan biaya untuk TC (Training Center = pemusatan
latihan di Semarang). Dan pada waktu itu IPSI Cab. Banyumas belum sesemarak
sekarang. Pada waktu itu ketua cabang IPSI Banyumas adalah Bpk. Rusdi-Kr.Kobar.
Kurang komunikasi dikalangan pengurus IPSI
Cab. Banyumas membuat merasa enggan berpartisipasi terhadap IPSI yang bisa
dikatakan tidak mempunyai kegiatan/ program apa-apa. Sampai kepada pergantian
pengurusnya di tahun 1976, IPSI Cabang Banyumas diketuai oleh Bpk.
Atmosuhirman, Kompet : K. Hasyim, Purwanegara dan beliau sebagai pembantunya
dibidang pembinaan teknik.
Sekitar bulan pebruari 1977 kedatangan
seorang temannya yang bernama : Bugel Supardi (asal Purbolinggo) yang membawa
misi pembuatan film : KELABANG HITAM karya Kardiman (Produksi PPFN). Karena
film tersebut bernafaskan silat, maka sodoran Bpk. Bugel Supardi agar Perguruan
Silat ASMA’ ikut berperan mendukung pembuatan film tersebut maka beliau
menerimanya.
Secara kebetulan siswa yang bernama Ndeng
Rana Saputra kembali ke Purwokerto, dan siswa ini membatu mendukung pembuatan
film tesebut. Setelah beliau menyanggupi akan membantu film KELABANG HITAM yang
seluruh pembuatannya berlokasi di Banyumas, maka beliau mengumpulkan
siswa-siswa seniornya, mulailah diadakan latihan-latihan yang dipandang perlu
untuk mensukseskan pembatan film tersebut.
Siswa suhadi diserahi tugas untuk mencoba
mengarahkan tugas tentang dialog yang terdapat dalam skenarionya, sedang siswa
ndeng dan Ngubaidi untuk mengarahkan teknik-teknik yang mungkin akan
dipergunakan nantinya pada pembuatan film. Sebagian besar pendukung film
tersebut adalah siswa-siswa Perguruan Silat ASMA’ yang telah tinggal di
Purwokerto antara lain :
1.
|
Erwin Astakiwa berperan
|
sebagai
|
KOBAR (tokoh utama)
|
2.
|
Bpk. M. Arif Waspadi
|
sebagai
|
Pedagang
|
3.
|
Ngubaidi KHM
|
Sebagai
|
Gintung
|
4.
|
M. Tamsir
|
Sebagai
|
Guntur
|
5.
|
Arif Hidayat (Kim Cong)
|
Sebagai
|
Babah/Engkong
|
6.
|
Ndeng Rana Saputra
|
Sebagai
|
Syarif
|
7.
|
M.
Taris
|
sebagai
|
Amat dan
lain-lainnya
|
Dan pada kesempatan itu pula ikut bermain
Sekjen PB. IPSI Bpk. Januarno sehingga pada suatu malam beliau bermalam di
rumah guru, maka kesempatan berbincang-bincang mengenai perkembangan silat
tanah air sangat luas terutama mengenai IPSI an. Dan pada kesempatan itu pula beliau (Bpk. Januarno)
mengajak saudara Ndeng Rana Saputra sekembalinya nanti ke Jakarta agar ikut
berpartisipasi dalam kegiatan PB. IPSI melaksanakan berbagai event-event
nasional atau internasional.
Pada saat itulah Sdr Ndeng Rana melihat
kesempatan baik untuk mengembangkan Perguruan Silat ASMA melalui jalur/ system
organisasi yang baik dan mantap. Bersama Isyahadi (Suhadi), dia membuat
konsep-konsep dasar yang perlu membentuk suatu organisasi yang diharapkan akan
membantu perkembangan Perguruan Silat ASMA’ secara baik dan teratur.
Pada dasarnya organisasi tersebut
direncanakan oleh mereka hanyalah merupakan suatu badan yang dapat membantu
perkembangan Perguruan Silat ASMA’. Setelah rancangan konsep-konsep berhasil
dirumuskan, mereka berdua menemui beliau yang sudah sejak lama beliau dipanggil
dengan sebutan AYAH.
Beliau (ayah) menyarankan agar konsep-konsep
mereka (Sdr. Ndeng Rana S dan Sdr. Suhadi) diajukan kepada Bpk K.H.A Musallim
Ridlo. Mereka berdua menghadap Bpk. K.H.A Musallim Ridlo untuk mendapatkan
petunjuk-petunjuk seperlunya. Atas petunjuk beliau terbentuklah suatu (April
1977) suatu organisasi yang bernama Keluarga Besar Perguruan Pencak Silat
ASMA’ atau disingkat KBPS ASMA’, yang bertujuan membantu pengembangan
Perguruan Pencak Silat ASMA’. Adapun setelah mendapat persetujuan beliau (ayah)
bentuk struktur wadah tsb :
1. Majelis Pembinaan
KBPS
ASMA
|
Sebagai badan legislatif yang membuat
garis-garis (polecy) kebijakan pengembangan.
|
2. Dewan Pembinaan
|
Sebagai
badan eksekiutif yang melaksanakan kebijakan-kebijakan M.P. KBPS ASMA’
|
Yang keduanya di bawah pengawasan dan
pengendalian Ayah sebagai guru berstatus Pengasuh KBPS ASMA. Pada waktu pertama
kali ditunjuk/ diangkat beberapa personil mengemban tugas menghidupkan wadah
tersebut, antara lain:
1. Pengasuh
|
Bpk. K. Achmad Arief (beliau sendiri)
|
2. Majelis Pembina KBPS ASMA’
a. Ketua
b. Anggota
|
Bpk. KHA. Musallim Ridlo
Bpk. M. Arief Waspadi (Bid.
Pendidikan)
Sdr. Suhadi (Bid. Keorganisasian)
Sdr. Ndeng Rana S. (Bid. Teknik &
Pengembangan)
|
3. Dewan Pelaksana Pusat,
ditunjuk dan diangkat oleh Majelis Pembina
|
|
a. Ketua
Wkl
Ketua
b. Sekretaris I
Sekretaris
II
c. Bendahara I
Bendahara
II
d. Komite Teknik
e. Pelaksana Umum
|
: Sdr. Soedarmono HP.
: Sdr. Erwin Astakiwa.
: Sdr. Sudiro.
: Sdr. Sadjudi WS.
: Sdr. Daryoto BSc
: .............................
: Sdr. Ngubaidi KHM
: Sdr. Suratman
|
Mulailah sejak saat itu kehidupan Perguruan
Era Baru, kehidupan baru. Program yang pertama dilakukan adalah membuat suatu
standart pelajaran dalam bidang teknik. Hal tersebut dipandang perlu karena
menurut pengamatan saudara Ngubaedi KHM yang pada waktu itu diserahi tugas
memegang Komite teknik KBPS ASMA’ yang sudah tersebar di wilayah Banyumas.
Realisasi program tersebut kemudian
diwujudkan dengan mengadakan Penataran pelatihan pada tanggal 16-18 Agustus
1977 di Purwokerto.
Dengan meminjam tempat di TK Diponegoro
I–Purwokerto Lor, para siswa-siswa yang pada waktu itu sudah melatih/ mempunyai
pengikut siswa, dikumpulkan untuk ditatar. Mereka yang mengikuti penataran pada
waktu itu (berdasarkan data photo) adalah :
1. Siswa Sihabudin (Kedung
Banteng).
2. Siswa Sarno (Beji).
3. Siswa Slamet . (Kauman
Lama).
4. Siswa Suripno Basuki (putra
beliau).
5. Siswa Didin Syafrudin (Dukuh
Waluh).
6. Siswa Didit (Tangerang –
Jakarta).
7. Siswa Sutrisno (Purwokerto
Wetan).
8. Siswa Imam Sulkhani
(Rempoah)
9. Siswa Karseno
10. Siswa sebanyak 6 (enam)
orang yang tidak tercatat namanya.
Pada waktu itu sebagai Penatar antara lain
Bpk. M. Arif Waspadi (almarhum). Juga kesempatan itu disepakati bersama
standart pelajaran teknik yang harus dipegang oleh setiap pelatih, (pada waktu
itu diperagakan oleh Sdr. Ndeng Rana S.)
Penataran tersebut dihadiri oleh : Bpk.
Pengasuh Sendiri (beliau)
Peninjau Sdr.
Sudarmono.
Sdr.
Erwin Astakiwa.
Penatar Teknik Sdr. Ngubaidi
KHM.
Sdr.
Ndeng Rana Saputra.
Penatar Organisasi Sdr. M. Arif Waspadi.
Sebagai kelanjutan, hasil penataran tersbut
disepakatilah standart pola teknik—teknik pola jurus-jurus silat ASMA’ yang
harus dipegang sebagai pola pelajaran seluruh siswa KBPS ASMA’. Setelah pola
tersebut disetujui oleh Bpk. Pengasuh, maka hasilnya dibawa ke Jakarta
dipercayakan kepada Sdr. Ndeng Rana S. untuk menuangkannya ke dalam sebuah
diklat (buku), yang dinamakan buku Tuntunan Silat ASMA’.
Selama lebih kurang satu bulan kemudian
terwujudlah tuntunan tersebut dengan dicetak pertama kalinya sebanyak 400 buah,
mulailah para siswa-siswa yang melatih berpedoman dengan buku tersebut dalam
memberikan pelajaran-pelajarannya terhadap para siswa-siswanya.
Disamping bidang teknik, bidang
keorganisasianpun mulai dibenahi, pada waktu itu dikeluarkan, diberikan Kartu
Tanda Anggota KBPS ASMA’, kartu tanda anggota yang pertama kalinya ada di dalam
perguruan Silat ASMA. Kartu tersebut mempunyai warna dasar 3 : merah, kuning,
putih. Kartu dasar merah (100 buah) diperuntukan anggota kehormatan dan siswa
senior, kartu kuning diperuntukan siswa-siswa biasa, sedangkan kartu dasar
putih untuk para siswa yang belajar yang belum mencapai (mengikuti pendidikan)
selama 3 tahun.
Demikian sejarah Perguruan Silat ASMA’ yang
dapat dicatat, sejak beliau mencari ilmu, menemukan ilmu silat ASMA’,
mengembangkan bersama murid-muridnya dan naik-turunnya Perguruan Silat ASMA
sampai tahun 1979.
Semoga dengan adanya buku sejarah ini akan
lebih membawa perkembangan kemajuan Peguruan Silat ASMA’ ke arah yang lebih
maju serta dapat membangkitkan rasa kesadaran para siswa-siswa, senior ataupun
mereka yang mulai menginjak jenjang pendidikan silat pada Perguruan Silat
ASMA’.
PENUTUP
Assalamu’alaikum Wr.
Wb.
Buku sejarah ini
disusun oleh Sdr. Ndeng Rana S. yang memang saya tugasi untuk menulisnya dengan
otentik berdasarkan fakta, baik yang berdasar penuturan saya secara langsung
(Pengalaman saya sendiri) dan juga hasil klarifikasi (tatap muka) dengan
beberapa teman-teman saya yang pernah menimba ilmu silat bersama.
Dasar penulisan buku
inipun adalah juga penulis itu sendiri mengalaminya, karena sebagai salah
seorang siswa Perguruan Silat ASMA’, penulis buku ini juga masih termasuk
keluarga sehingga biodata saya yang berkaitan dengan kekeluargaan banyak
memahaminya.
Buku sejarah ini
ditulis oleh Sdr. Ndeng Rana S dengan berdasarkan hal-hal tersebut ini telah
saya teliti dan dapat dipakai bahan bacaan yang berguna bagi siswa-siswa
Perguruan Silat ASMA’. Menjadi harapan saya buat siswa-siswa Perguruan Silat
ASMA’ buku ini dapatlah diambil manfaatnya dalam menempuh kehidupan di
masyarakat untuk menjadi manusia yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.
Wassalamu’alaikum Wr.
Wb.
Purwokerto, 2 April 1980
(Achmad Arief)
|
BIO DATA :
Nama Kakek
Nama Ayah
Nama Lengkap
Nama Panggilan
|
: Kyai Murma Besari
: Kyai Hasan Umar
: Kyai Achmad Arief
: Ayah
|
|
Keluarga
|
1.
Partini
bersuami A. Suchibi
2.
Syamsirah
bersuami Sumardi
3.
Chotidjah
bersuami A. Munhari
4.
Achmad
Arief beristri S. Amini
5.
M.
Arief Waspadi beristri Sumarti
6.
Mahmud
beristri Marlingah
7.
Kusiniyah
bersuami Cholid
8.
Umi
Chasanah bersuami Daryoto
|
|
Putra
|
1.
Suripto
Basuki
2.
Imam
Basuki
3.
Rochana
4.
Rochani
|
5.
Rochatin
6.
Rochatun
7.
Rochadi
8.
Alfi
|
*) Do’a untuk Guru
:
اللهم استرعيب
شيخي عني ولاتذهب بركة علمه مني
|
“ya Alloh
tutupilah aib Guruku dariku, dan janganlah kau hilangkan keberkahan ilmunya
dariku”. (ahli salaf)
|
CATATAN
GURU-GURU BELIAU :
Tahun 1941 - 1942
Tahun 1942 - 1946
Tahun 1947 - 1950
Tahun 1951 - 1952
Tahun 1951 - 1952
Tahun 1952 -
Tahun 1953 -
Tahun 1953 - 1955
Tahun 1957 - 1958
Tahun 1959 -
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
K. Maksudi di Sokaraja
Khasan Umar, ayahanda beliau sendiri,
di Purwokerto
K. Murma Besari, kakek beliau sendiri,
di Purwokerto
K.H. Marwadi, Astanajapurna, teman
ayah beliau (Cirebon)
K. Mu’min, Lemah Wungkuk, Cirebon
K. Djalil (K. Nur Qosim), Cirengas
K. Abdul Latief, Ceringin, Banten
Karata Sasmita, Cimandey, Jawa Barat
K. Adjbar Mukmin, Cibeo, Rawayan,
Banten, Jawa Barat
Mpo Yam, Plered, Cirebon, Jawa Barat
|
*) Diriwayatkan
oleh Imam Baihaqi, Umar bin Khattab rodliallohu anhu mengatakan :
تواضعوا
لمن تعلمون منه
|
“Tawadhu’lah kalian terhadap orang yang mengajari
kalian”
|
CATATAN
MURID BELIAU :
Tahun 1960 :
1. K. Mudakir dari Desa
Prembun.
2. Bimun dan seorang temannya
dari Desa Tambun, Bekasi, Jawa Barat.
3. Muhrodji dari Desa Karang
Salam, Purwokerto.
4. Kyai Amir dari Desa Kemutug,
Baturraden, Purwokerto.
5. Mansyur dari Desa karang
Cengis, Klampok, Banyumas.
6. Sukardjo dari Desa
Kedjobong, Banyumas.
7. Makusdi AS dari Purwokerto.
8. Dan 2 orang lagi yang beliau lupa namanya.
Tahun
1962 :
1. Ambar Sukarso (keponakan
beliau) dari Purwokerto Lor, PWT.
2. Embut, putra tetangga beliau
3. Rustani dari Desa Kedung
Wuluh (Purwokerto)
Murid-murid
beliau ini pada waktu ini masih berusia lebih kurang 15 – 17 tahun.
Tahun
1973 :
1. Ambar Sukarso
2. Ruslani
3. Ali Mushari
4. M. Toyibbinafsi
5. Suhadi
6. Tohari Maksum
7. Disusul kemudian dengan
pemuda-pemuda dari Desa Purwokerto Lor, Purwokerto
Tahun
1964 – 1965 :
1. Ambar Sukarso
2. Ruslani
3. Ali Mashuri
4. Ngubaedi KHM
5. Tohari Maksum
6. Ndeng Rana S
7. Sutanto M. BA
8. Didin Syafrudin
9. Makudi As
10. Sudarmadi
11. Sadjudi Ws.
12. Sutono Ws
|
13. Umono
14. Narsoen
15. Narso
16. Sutedjo
17. Muhadjir
18. Sahirun
19. Rodjikin
20. Sumardi Prt.
21. Sechah
22.
Kamso Djatmiko
23. Sunarto
24. Basrawie
|
25. Sudaryono
26. Sudiro
27. A. Shobari
28. Suhadi KHM
29. Said Baslamah
30. Sururi
31.
Slamet (Bejo
Suripno)
32.
Kim Tjong (Arif
Hidayat
33. Suyono
34. Tito
35. Ahmad
36. Suyono Keling
|
37. Suratman
38. Latif
39. Kadir Yusuf
40. Erwin AS
41. Abdul Nangim
42. Achmad Hajid
43. A. Hasan
44. Narsono
45. Kusaeri
46. Jati Winarko Ir.
47. Chariri
48. Moh. Yusuf
|
Tahun
1966 :
1.
Ruslani
2.
Ngubaedi
KHM
3.
Ndeng
Rana S
|
No.
1,2 dan 3 Ditampung oleh Beliau
|
|
4. Sumadi
5. Kamso Djatmiko
6. Sunarto
|
Tahun
1967 – 1969 :
1.
Ruslani
2.
Nubaidi
KHM
3.
Ndeng
Rana S
|
(No 1,2, dan 3) Melahirkan :
|
1.
Achyani
2.
Akhwani
3.
Ginto Pambudhi
4.
Chumaedi Azhar Zr
5.
Maksudi
6.
Sunarto Asri
|
melahirkan siswa
|
Tahun
1970 :
1.
Sumadi
KHM
2.
Ruslani
|
(no 1 dan 2) melahirkan siswa-siswa angkatan 1970
|
1.
M.
Taris
2.
Abd.
Mawan
3.
Karsono
(Ds. Teluk)
4.
Syukur
(Ds. Beji)
|
Tahun
1970 :
1.
M.
Taris
2.
Sundaro
3.
Wahyudi
4.
Syukuriyadi
5.
Slamet
Z
|
6.
Zainal Abidin
7.
Abdul
Manan
8.
Sihabudin
9.
Kardi
Suharto
10. Imam Sulkhami
|
11. Imam Basuki
12. Suripno Basuki
13. Sarno
14. Muhamad Fauzi
|
dan lain-lain ± 1.000 siswa yang
tersebar di desa-desa sekitar Kota Purwokerto.
|
Keterangan :
*) Do’a untuk Guru
: dalam buku cetakan lama tidak ada.
*) Diriwayatkan
Imam Baihaqi ......... : dalam buku cetakan lama tidak ada.
TEAM penulisan ulang (a'ip, Arif N.H, Sutikno, dan Idza)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar